Pages

Monday, January 12, 2015

Bundel Baca Tantangan Lucky No 14

1.       Visit The Country  
Untuk kategori ini, blogger diwajibkan membaca buku yang bersetting negara yang sangat ingin dia kunjungi. Dan, saya memilih The Fault in Our Stars karya John Green, yang menampilkan salah satu setting Belanda. Negara yang dibangun di atas kanal, berwawasan lingkungan yang sangat teladan, dengan banyak tulip dan kincir angin. Apa yang lebih romantis daripada itu?

2.       Cover Lust
Buku untuk kategori ini adaah buku yang kita beli karena jatuh cinta setengah mati pada sampulnya. Hm ... biasanya, saya membeli buku setelah mengobrak-abrik review goodreaders dengan sadisnya, dan memutuskan apakah sebuah buku cukup layak untuk menjadi bagian dari lemari buku kecil saya yang supersempit. Meski untuk hal sepenting memilih cowok, tampilan luar itu item pertimbangan yang patut di.... Agh! Ngomong apa, sih?
Jadi, buku ini saya pilih bukan semata-mata karena desain cover-nya. Tapi lebih pada label di covernya: "Pemenang Unggulan Sayembara DKJ 2012", yang sekaligus menjadi salah satu nominee di ajang bergengsi Kusala Sastra Khatulistiwa 2013. Covernya cantik sekaligus misterius. Dan judulnya, sangat mencuri perhatian saya. Ini dia ... Surat Panjang Tentang Jarak Kita yang Jutaan Tahun Cahaya karya Dewi Kharisma Michellia.
 
3.       Blame it on Bloggers
Saya melihat buku ini ramai diperbincangkan di 2012. Salah seorang editor yang juga seorang penulis menuliskan review yang positif tentang buku ini. Dan sejujurnya, saya mempercayai selera sang Editor. Maka ketika saya melihat buku ini dalam daftar jual sebuah toko buku online, saya pun membeli The Lovely Bones.

4.       Bargain All The Way
Akhirnya, Gramedia di kota saya mengadakan sale akhir tahun, yeayy!!! Momen sekali setahun ini, sayang sekali kalau dilewatkan. Saya membeli banyak sekali buku, tapi akhirnya hanya membaca satu buku karena memprioritaskan buku-buku lainnya. Saya menemukan Daddy Long Legs karya Jean Webster dengan harga 12,5 K ^_^
Baca review Daddy Long Legs

5.       (Not So) Fresh From the Oven
Saya membeli buku ini tahun lalu, tidak lama setelah perilisannya. Sayangnya, saya belum sempat menyelesaikannya hingga tahun 2013 ini. Glad that I’ll make it out of my pile next year ^,^ The Accidental Bestseller karya Wendy Wax.  

6.       First Letter’s Rule
Saya mendapatkan ini dari sebuah giveaway di sebuah blog buku. Tapi saya menyertakannya untuk kategori buku dengan judul huruf awal yang sama dengan aksara awal namamu. Kenapa “N” dan bukannbya “A”? Karena nama lengkap saya memang diawali huruf “N” ^_^

7.       Once Upon a Time
Untuk kategori ini saya memilih dua kumpulan cerpen yang sudah berumur ratusan tahun. Karya-karya klasik yang menginspirasi kesusasteraan modern sekaligus merupakan harta karun bagi keseusasteraan dunia: Pangeran Bahagia karya Oscar Wilde dan Cinta yang Hilang karya O Henry.

8.       Chunky Brick
Ini dia buku yang membuat saya seperti menahan napas selama membacanya. Selain karena faktor thrilling, juga karena tebalnya. The Girl With The Dragon Tattoo adalah buku paling tebal yang pernah say abaca. Sebuah latihan yang baik, karena setelah ini, sepertinya saya harus membaca dua buku sekuelnya yang tebalnya jauh-lebih-bantal-lagi ^_^

9.       Favorite Author 
Untuk kategori ini, saya memilih Looking For Alaska karya John Green. Setelah jatuh cinta dengan The Fault in Our Stars, saya langsung memasukkan John Green dalam daftar penulis favorit saya.
Baca review Looking for Alaska

10.   It’s Been There Forever
Cinta Sejati karya Guy De Maupassant ini sudah mendiami rak buku saya sejak 2013. Saat saya menemukannya, anatomi fisiknya sudah tidak sempurna lagi. Kertasnya berbercak kuning dan baunya lumayan apak -_- membuat tampilan fisiknya jadi semakin klasik.

11.   Movies vs Books
Sayangnya saya belum sempat menonton film adaptasi dari The Fault in Our Stars dan If I Stay ini. tapi buku ini cukup sulit saya lupakan. Buku ini langsung mencuri perhatian saya, dan menjadi buku young adult paling mengesankan yang saya baca di tahun ini.

12.   Freebies Time
Sejak akhir 2013 sampai pertengahan 2014, saya mendapatkan banyak sekali freebies. Sebagian besarnya karena memenangkan giveaway yang dihelat kawan-kawan Blogger Buku Indonesia. Tahun 2014, saya bisa membaca The Invention of Hugo Cabret yang saya menangkan dari sebuah blog buku dan Cecilia & Malaikat Ariel, yang saya dapatkan dari giveaway di Book is A Gift.

13.   Not My Cup of Tea
Sejak buku ini dirilis, saya sudah tertarik untuk mengetahui isinya. Blurb-nya cukup provokatif bagi saya. Maka saya pun membeli Versus-nya Robin Wijaya ini di awal tahun. Maaf, tapi saya kecewa dengan buku ini :'(

14.   Walking Down The Memory Lane
Ahh … saya berharap bisa membaca buku ini di perpustakaan sekolah dasar kami yang sederhana, belasan tahun silam. Ruang tanpa lemari buku dan buku-bukunya dijajar rapi di atas meja kecil yang dideret secara melingkar. Where The Mountain Meets The Moon karya Grace Lin. Sebuah dongeng yang memikat, bahkan untuk orang dewasa sekalipun.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...