Pages

Sunday, January 04, 2015

Tantangan "Big Read" 2015

klik gambar untuk membaca detil tantangan


Dalam resolusi 2015 saya, saya menulis bahwa saya akan lebih selektif memilih tantangan baca yang akan saya jajal. Target utama saya adalah memangkas timbunan, dan tentu saja, mengasup nutrisi untuk mentenagai keseriusan saya dalam penulisan kreatif. Dan, tampaknya, tantangan ini sejalan dengan misi saya untuk mereduksi timbunan. Mengingat, ada beberapa buku dalam timbunan saya yang tebel-tebel. Sebagian besar buku-buku ini saya beli di tahun 2014. Segelintir lainnya di tahun 2013, bahkan ada yang dari 2008. Seperti A Thousand Splendid Sun-nya Khaled Hossaini. Sebenarnya saya sudah membaca buku ini. Tapi saya belum mereviewnya dengan layak. Maka buku ini akan masuk daftar re-read saya, yang juga saya ikutkan dalam tantangan personal saya: Reli Baca dan tantangan Big Read ini.
Oh ya, aturan tantangan ini juga sangat sederhana. Bukunya berjumlah halaman lebih dari lima ratus halaman, bukan ebook, dan boleh diikutsertakan dalam tantangan baca yang lain.
Tantangan ini memiliki 3 level:
1.       Featherweight / Kelas Bulu: membaca 1 - 4 buku
2.       Middleweight / Kelas Menengah: membaca 5 - 8 buku
3.       Heavyweight / Kelas Berat: membaca > 8 buku
Selain itu, ada juga level khusus, yakni Incredible Bulk: untuk peserta yang mampu membaca minimal satu buku setebal lebih dari seribu halaman. 
Untuk Big Read Challenge ini, saya menantang diri saya untuk menyelesaikan level menengah. Berikut buku-buku yang akan saya baca untuk memenuhi tantangan ini:

Saya cukup optimis bisa menyelesaikan tantangan ini. Tapi omong-omong, wow! Enam belas buku? Tampaknya dalam setahun terakhir saya sudah bermetamorfosis menjadi pembelanja yang impulsif dan agak kurang perhitungan. Tapi, mengutip Harper Lee, dalam redaksi seenak-hati-saya: Anda hanya bisa memahami seseorang ketika Anda menelusup ke bawah kulitnya, dan menjadi dirinya ^_^

Baca juga Refleksi 2014 & Resolusi 2015 saya di sini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...