Pages

Monday, January 06, 2014

Cerita Belanja #2: Buying Monday #2

 

       Akhirnya! Bisa posting Buying Monday lagi. Artinya, baru bisa belanja buku lagi :) #ProblematikaMahasiswi. Sebenarnya, itu agak berlebihan, sih. Saya tidak membeli banyak buku Desember kemarin. Hanya beberapa, dan seperlunya. Buku-buku lama saya masih menimbun dan saya tidak bisa berbuat banyak untuk menguranginya. Buku perolehan saya selama Desember sebagian besar gift dan present sebenarnya :D Ada juga hasil belanja virtual di bulan November, tapi baru nyampe Desember.
       Paket ini adalah yang pertama kali mendarat dengan aman sentosa di Kendari. Paket thanksgiving dari Kak Andre, seorang kawan virtual yang berterima kasih untuk racauan saya tentang calon novelnya :)  Ada Seven Days-nya Rhein Fathia (pemenang sayembara Romance Qanita 2012), Before Us-nya Robin Wijaya, dan The Novelist-nya Dean Koontz.

       Sejujurnya, saya sudah membaca Seven Days. Tapi karena ini hadiah, saya ingin menyimpannya dan mengenangnya ^_^ Soal Before Us, saya sudah lama ingin membaca novel ini karena rekomendasi seorang teman. LadLit memang cukup jarang di Indonesia. Kawan saya yang juga seorang cowok, secara mengejutkan, memberi 4 bintang untuk novel ini. Menakjubkan! Lalu The Novelist, saya sudah menginginkan novel ini di awal terbitnya. Novel thriller tentang seorang penulis yang  hidupnya tidak lagi tenang berkat ancaman seorang kriitikus novel. Kehidupan penulis selalu menarik bagi saya. Sayangnya, tema besar ini jarang diangkat oleh penulis dalam negeri. Thanks a bunch, Kak Andre! :)
        

        Paket kedua datang dari Kak Ren. Secara mengejutkan, saya memenangkan kuis di blog Kak Ren dan berhak memilih buku dengan nominal harga yang sudah ditentukan. Dan pilihan saya jatuh pada Notasi oleh Morra Quatro dan BOTCHAN karya Natsume Soseki.

        Saya pernah membaca preview buku-buku Morra Quatro dan saya jatuh cinta pada caranya bertutur. Saya pun berharap bisa memiliki Notasi, buku terbarunya yang terbit di awal 2013. Adapun BOTCHAN, disebut-sebut sebagai novel yang menduduki posisi penting dalam sastra Jepang ini, membuat saya sangat tertarik (jika terobsesi terasa terlalu mengerikan untuk menyebutnya) untuk memilikinya. Sebuah karya klasik, yang berkisah tentang seorang anak nakal dalam upayanya mencapai pembuktian diri, yang tumbuh di negeri yang kaya akan filosofi. Tentu wajib dikoleksi. Terima kasih banyak, Kak Ren :)

 

         Dan inilah belanja buku November saya yang terlambat datang. Bukan kesalahan pengirim ataupun kurir sebenarnya. Tapi timing belanja saya yang membingungkan :) Saya belanjanya di akhir November soalnya. Saya membeli KIM karya Rudyard Kipling karena sangat ingin memiliki koleksi buku klasik sastra Asia. Rudyard Kipling, seingat saya, adalah penulis peraih nobel Sastra asal Inggris, yang memiliki ikatan emosional dengan India. KIM mengisahkan tentang ketimuran. Bagaimana Dunia Timur di mata seseorang yang berasal dari Barat? Tentu saya harus memiliki, setidaknya satu saja, buku karya Kipling. Saya juga membeli The Adventure of Tom Sawyer untuk melengkapi karya Mark Twain di lemari buku saya. Saya sudah memiliki The Huckleberry Finn (meski belum juga membacanya. Saya menyiapkannya untuk tantangan membaca klasik tahun ini), dan seseorang berkata pada saya, bahwa untuk menikmatinya, saya harus membaca Tom Sawyer terlebih dahulu. Selanjutnya, ada KIM yang ditulis oleh seorang anonim. Buku ini sudah terbit lama sekali, satu-satunya referensi hardcopy yang bisa saya dapatkan tentang kisah seorang penderita Anorexia Nervosa dan Bulimia. Saya membutuhkannya untuk cerita yang akan saya buat. Apakah saya tukang pamer? Memang! :D Yang terakhir, saya membeli Lips Touch Three Times. Saya selalu tergiur dengan buku yang berlabel "Nominee of ... Award", "The Winner of ... Award", dan hal-hal sejenis. Barangkali itu yang membuat saya ingin memiliki buku ini. Tapi tentu saja, membaca kalimat pendek "Bibir bersentuhan Tiga Kali" akan membuat saya ingin mengetahui apa yang terjadi dan bagaimana itu terjadi dan dampak apa yang ditimbulkannya. Mungkin Anda, tidak.

1. KIM - Rudyard Kipling - 35 K
2. KIM - Anonim - 25K
3. The Adventure of Tom Sawyer - Mark Twain - 35K
4. Lips Touch Three Times - 40K

      Saya yakin, saya bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk keempat buku ini andai saja saya berbelanja di tempat lain. Tapi saya sudah terlanjur tergiur dengan ongkos kirimnya yang murah meriah ^_^


       Di kota saya, tidak banyak toko buku yang menjual buku-buku fiksi. Sebenarnya hanya ada 3 toko buku di kota saya. Dan hanya 2 toko buku yang men-display buku-buku fiksi. Tapi tetap saja, hanya 1 toko buku yang menyediakan koleksi terlengkap: GRAMEDIA. Sayangnya, Gramedia di kota saya jarang sekali mengadakan sale event.  Saya dan teman-teman geng (klub fiksi) selalu menyusut liur setiap kali datang ke Gramedia dan melihat stan khusus dengan papan bertulis "OBRAL". Drama menyusut liur ini sangat langka. Hanya sekali setahun. Akhir tahun 2013, saya pun membeli 2 buku ini. The Hunger Games karya Suzanne Collins (bisa bayangkan betapa katroknya saya?) dan Cerita Cinta Enrico oleh Ayu Utami. Saya mendapatkan The Hunger Games seharga 15K. Di hari-hari awal obralan, buku ini dihargai 30K. Saya mendapatkannya di hari-hari akhir sale event. Sejak lama, saya tahu, saya harus mengoleksi serial ini. Dan saya baru mendapatkan buku pertamanya saat film untuk seri keduanya sudah rilis. Menyedihkan sekali. Dan, Cerita Cinta Enrico, saya mengincarnya sejak lama. Sepertinya, sejak melihatnya bertengger di longlist KLA 2012. Konon, ini karya paling sederhana dari Ayu Utami. Terserahlah!

  

       Di hari Senin yang hujannya deras ini, saya ingin berdoa (Malaikat pasti mengabulkan). Saya ingin bisa mengkhatamkan semua ini, minimal hingga bulan depan. Agar saya bisa belanja lagi. Amin ....

 

       Kamu juga belanja buku yang banyak bulan sebelumnya? Yakin, tidak ingin membaginya dengan kami? Ayolah! ^_^ Ayuk, ikutan juga Buying Monday. Rules-nya gampang,kok.

1. Follow The Black in The Books melalui email atau bloglovin'
2. Buat post tentang buku-buku apa saja yang dibeli selama bulan itu, publish setiap hari   Senin pertama di bulan berikutnya.
3. Masukan link post tersebut di linky yang disediakan. 
4. Linky akan dibuka selama 8 hari. 
5. Bila ada yang memasukan link tentang book haul bulan berikutnya (bukan bulan yang ditentukan), maka link itu akan dihapus dari linky.
6. Jangan lupa melihat-lihat book haul peserta lain! :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...