Pages

Saturday, November 23, 2013

I'm Challenging for the Lucky No.14 Reading Challenge

lucky no14

Saya sangat menyesal karena tidak bisa membaca banyak buku di tahun ini. Goodreads Challenge saya saja jauh dari angka 100. Di tahun 2014, saya sudah merencanakan mengikuti beberapa Reading Challenge. Salah satu tantangan membaca yang rasa-rasanya saya sanggupi adalah Lucky No.14. Tantangan ini mengharuskan peserta tantangan untuk membaca 14 buah buku dari 14 kategori berbeda dalam periode 1 tahun. Yakni dari 1 Januari 2014 sampai dengan 31 Desember 2014. Buku yang diikutkan untuk satu kategori tidak boleh sama dengan kategori yang lain. Buku yang diikutkan dalam tantangan bisa saja berasal dari timbunan TBR, atau memang khusus dicari untuk tantangan ini. Suka suka deh, pokoknya! ^_^  

Dan, berikut ini adalah keempat belas kategori yang dimaksud (sudah saya sertakan juga buku-buku yang akan saya ikutkan untuk tantangan ini), silakan ....
 
1. Visit The Country
         Untuk kategori ini, blogger diwajibkan membaca buku yang bersetting negara yang sangat ingin dia kunjungi. Dan, saya memilih The Moon That Embraces The Sun Part 2 by Jung Eun Gwol. Sebuah buku bersetting zaman dinasti di Korea Selatan. Saya yakin, seperti yang diwajibkan tantangan ini, melalui buku ini, saya akan lebih mengenal Korea Selatan lebih dekat lagi.

2. Cover Lust
        Buku untuk kategori ini adaah buku yang kita beli karena jatuh cinta setengah mati pada sampulnya. Hm ... saya akan meng-update kategori ini nanti. Saya, biasanya, membeli buku setelah mengobrak-abrik review goodreaders dengan sadisnya, dan memutuskan apakah sebuah buku cukup layak untuk menjadi bagian dari lemari buku kecil saya yang supersempit. Meski untuk hal sepenting memilih cowok, tampilan luar itu item pertimbangan yang patut di.... Agh! Apa sih yang sedang saya bicarakan?

3. Blame it on Bloggers
       Suatu kali, saya menemukan review ini di blog seorang penulis pemula. Itu adalah jenis review yang cukup provokatif untuk membuat saya tidak berpikir dua kali saat melihat buku ini di rak kecil di sebuah toko buku kecil yang selalu menjual buku-bukunya dengan harga yang lebih murah dari Gramedia di kota saya (yang juga kecil). Saya membeli Insurgent -nya Veronica Roth ini di awal tahun dan belum berhasil menyelesaikannya sama sekali.

4. Bargain All The Way
      Akhirnya, Gramedia di kota saya mengadakan sale dadakan. Sebuah kelangkaan yang mencengangkan. Buku-bukunya dibandrol 10K per buku dengan ketebalan beragam (seorang kawan penulis sekaligus mentor menulis saya mendapatkan Hotel prodeo-nya Remy Silado dengan harga Rp.10.000,-), harga yang teramat sangat murah yang bisa Anda temukan di toko buku di kota sekecil Kendari (yang hampir tidak pernah menggelar sale). So I didn’t need to tdakhink over, and just grab them up, when I found the blurbs quite interestin’. So, I took 5 books out. I’ve finished 2 of them, and I’ll finish the rest in 2014. Kembar Keempat by Sekar Ayu Asmara, Map of The Invisible World by Tash Aw, and Naga Kuning by Yusiana Basuki.

5. (Not So) Fresh From the Oven
      Saya membeli buku ini tahun lalu, tidak lama setelah perilisannya. Sayangnya, saya belum sempat menyelesaikannya hingga tahun 2013 ini. Glad that I’ll make it out of my pile next year ^,^ The Accidental Bestseller by Wendy Wax.

         I’ve had it for more than a year. And it’s li’l bit old, actually. I mean, it published some years ago. I tried to finish this book in the early of this year. But my attention distracted by some other things. So I’ll try to finish it next year, and categorize it as my First Letter Rule book. Ada Seseorang di Kepalaku yang Bukan Aku by Akmal Nasery Basral. Its first letter, A, is for “Amaya” ^^ I’m always fallen for a book which labeled by “Long List Khatulistiwa Literary Awarad” :D

7. Once Upon a Time 
         I found that these books published for the first time arround my Mom’s birth year. Hohoho :) They are Harriett The Spy (Pesan Misterius di WaterMill) by Louise Fitzhugh (1967) and White Castle by Orhan Pamuk (1979). I also add these for this category: The Blind Owl by Sadeq Hedayat (1937) and The Hobbit by J.R.R. Tolkien (1937).

8. Chunky Brick 
         Well, should we really take a deep breath for this more than 500 pages one? ^^ I wish that Burning Sea of John Shors is something worth to enjoy. And also, Oliver Twist of Charles Dickens is somethin’ recommended by a friend that never lied to me ^_^

9.  Favorite Author 
Untuk kategori ini, saya memilih And the Mountain Echoed. Khaled Hossaini sudah menjadi penulis yang paling saya favoritkan sejak pertama kali membaca bukunya. Sayangnya, saya belum memiliki waktu sama sekali untuk buku ketiganya ini.

10. It’s Been There Forever
Yeah, they’ve been on my pile shelf for so long time that I couldn’t remember anymore. But indeed,  it feels like forever ^,^ I challenge my self to finish Harry Potter series.

11. Movies vs Books
I did see the movie adaptation, but never had time to read the books. It’s time to compare them. Ahh, I’m always late at so many things. Honestly, it’s not my fave genre for a read. But I do love the movies. It seems like I’ll love them too. I choose The Lord of The Rings series and 5 cm for this category.

12. Freebies Time
I got it not so long time ago. A (surprise) li’l gift from Kak Ren for my participation in her quiz. Cukup mengejutkan saya bisa memenangkan opinion battle itu ^_^ Saya berhak memilih buku apa aja untuk nominal harga yang sudah ditentukan. Dan saya memilih Notasi-nya Morra Quatro dan BOTCHAN-nya Natsume Soseki. Ada juga kiriman dari seorang kawan, Kak “A”, sebagai ucapan terima kasih karena saya sudah membaca novelnya dan mengkritik di sana sini. Saya juga akan membaca The Novelist-nya Dean Koontz dan Before Us-nya Robin Wijaya.

13. Not My Cup of Tea
I’ve ever tried a horror novel. It’s in the end of 2012. I didn’t buy it, thank god. It’s a friend’s. I stopped read it when I reach a bloody part and cannibalism. Oh well, the charracter’s a vampire and her food is absolutely human’s blood. But as for me, she’s a cannibal!
Next year, I’ll challenge my self for the same genre (wish me luck and please don’t stop pray for my heart health). Uhm, I’ll try two crime books. Death Du Jour by Kathy Reichs and Luka Cinta Andrea by Suzanne O’Malley.

14. Walking Down The Memory Lane
I spent my childhood time happily because of a simple designed library. The books managed on some narrow tables that made it as a large one. I entered the library for the first time in my fifth grade. Too late if I think about it right now. But I dragged my self there because I was close with my fave teacher who has been the librarian in that school. That’s the first time I fall in love with the special scent of old book paper. I always find a reason for have been there. Helped Mr. Librarian cleaned the room, or the window, or arranged the books alphabetically, and waited Mr. Librarian said this to me, “You may take some of them home. Three or more. I trust you to take care of them, but don’t lend the books to your friends. They’re not like you.”
I really love all books I found there. But these books are exclude. The Sister Grimms by Michael buckley and Children of The Lamp #1 by P.B. Kerr

         Well, sudah menjadi bagian dari Reading Challenge ini? Have a great 2014 then! ^_^
Eh? Belum ikutan? Dan pengin ikutan? Yuk, simak aturannya:

RULES:

1. Untuk menyelesaikan tantangan baca ini, kamu harus membaca, setidaknya satu buah buku untuk setiap kategori. Jadi, kamu akan menyelesaikan empat belas buah buku untuk keempat belas kategori. Dan akan lebih baik lagi kalau kamu bisa membaca lebih dari satu buah buku untuk setiap kategorinya. Untuk menyelesaikan satu kategori, kamu tidak perlu mengikuti urutannya berdasarkan nomor urut. Kamu bisa memulai dari kategori mana saja. Anything you want deh, pokoknya. Tapi jangan lupa, kamu harus menuliskan review-mu di blog pribadimu, catatan Facebook, laman Goodreads, tumblr, or anything else. 

2. Buatlah Master Post tentang challenge ini di blog pribadimu, catatan Facebook, laman Goodreads, tumblr, dll, dan daftarkan link Master Post kamu di sign-up linky di bawah postingan ini. Daftar bacaan pada Master Post milikmu bisa kamu edit kapan saja.  Dan sign-up linky challenge ini dibuka sejak 12 November 2013, dan akan dibuka hingga 1 Desember 2014. 

3. Nanti, akan ada 14 linky untuk 14 kategori tantangan ini. Kamu harus menyetorkan lonk postingan review kamu di linky tersebut. Linky ini akan dibuka sejak 1 Januari 2014 sampai 31 Desember 2014. 

4. Di akhir tantangan, kamu diwajibkan menulis Wrap-up Post dan memasukkan link-nya ke dalam linky yang akan disiapkan juga. Linky untuk Wrap-up Post ini akan dibuka sampai 10 Januari 2015. Jika kamu tidak menyelesaikan tantangan, dengan sangat menyesal, kamu tidak bisa diikutkan sebagai kandidat pemenang yang akan mendapatkan hadiah, dari tantangan ini. 

5. Setelah linky Wrap-up Post ditutup, akan dipilih 2 pemenang yang telah berhasil menyelesaikan tantangan ini. Hadiahnya akan diumumkan nanti. Kamu harus memiliki alamat pengiriman di Indonesia untuk alamat pengiriman hadiah, jika kelak kamu adalah pemenang tantangan ini ;)

Sudah siapkan buku-bukumu? Mari, dikhatamkan! ;)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...