Pages

Sunday, July 15, 2018

Blogtour & Giveaway Textrovert (oleh Penerbit Spring)

Judul buku: Textrovert

Penerjemah: Felicia Ho
Penyunting: RoseMia
Halaman: Paperback, 292 halaman
Penerbit: Penerbit Spring
Tahun terbit: Juni 2018
ISBN13: 9786026682239

Keeley Brewer yang ceroboh kehilangan ponselnya lagi. Padahal, ponsel itu baru saja dibelikan orang tuanya. Kali ini berkat saudara kembarnya, Zach, yang terus-menerus mengiriminya pesan, Keeley sampai tidak menyadari ponselnya terjatuh sewaktu sedang berada di Pasar Malam. Ketika dia akhirnya menemukan ponselnya, Keeley pikir, itu adalah hari keberuntungannya. Tapi kemudian seorang cowok usil yang mengaku bernama Talon, meneleponnya pukul satu dini hari dan mengatakan padanya bahwa Keeley sudah mengambil ponselnya. Sialnya, ponsel Keeley juga berada di tangan cowok itu sehingga mereka harus terus berurusan, setidaknya hingga ponsel mereka kembali ke tangan masing-masing. Sialnya lagi, Talon bukan jenis cowok menyenangkan yang suka mengalah atau mau diajak bernegosiasi dengan mudah, sehingga berurusan dengannya adalah yang sangat merepotkan bagi Keeley. Anehnya, Keeley menemukan dirinya bisa membuka diri dengan begitu mudah pada cowok narsis seperti Talon. Benar-benar bukan dirinya yang biasanya.
T: Kau tahu, kau mungkin ingin berpikir ulang untuk mengejek orang yang membawa ponselmu. Mari kita lihat, siapa yang bisa kutelepon iseng pada jam satu dini hari? Nana? Paman Tom? Sepupu Louise?
K: Jangan lupa, aku memiliki ponselmu juga.
T: Kalau kau ingin menelepon iseng, silakan. Aku bahkan akan memberimu daftar. Mulailah dari Marlene Baker. Cewek itu terus menggangguku
(Percakapan telepon Keeley – Talon: halaman 19)

Kesialan berikutnya, Talon harus mengikuti perkemahan football selama seminggu. Yang berarti, Keeley tidak bisa bertemu cowok itu cepat-cepat untuk menukar ponsel mereka. Mereka pun membuat kesepakatan untuk saling menginformasikan jika ada pesan atau telepon masuk untuk satu sama lain. Selama seminggu itu pula, Keeley bisa mengenal Talon dan menemukan sisi lain dari dirinya sendiri. Ketika akhirnya mereka bertemu untuk pertama kalinya, Keeley secara tak sengaja menyebut-nyebut soal saudara kembarnya, Zach Brewer, si penyerang tim football SMA Edgewood yang populer. Sikap Talon mendadak berubah ketika mendengar nama saudara kembarnya. Keeley tahu ada yang salah, tapi Talon tidak menjelaskan apa-apa, dan lantas meninggalkannya begitu saja.
Ada apa sebenarnya? Apakah hanya karena ego laki-laki di lapangan football? Ataukah ada sesuatu yang lebih besar dari itu? Temukan sendiri jawabannya di Textrovert!
Textrovert adalah cerita popular Wattpad yang diterbitkan dalam versi cetak. Sebelum ini, saya memiliki fobia khusus pada cerita-cerita Wattpad. Tapi blurb Textrovert sangat menarik bagi saya, sehingga saya ingin sekali membaca cerita ini. Saya tidak menyangka bisa menghabiskan cerita ini dalam sekali duduk. Pada mulanya, saya merasa ragu bisa menyukai cerita ini. Karena awal cerita membuat saya sedikit kebingungan dengan latarnya. Tapi ketika Talon muncul, dan interaksi antara Keeley dan Talon mulai terbangun, saya tidak bisa berhenti membaca. Talon adalah jenis cowok yang akan membuatmu berharap bisa menimpuk kepalanya pakai benda-benda berat. Tapi setelah itu, kau tidak bisa menahan diri untuk mencari tahu akun media sosialnya lalu memutuskan untuk menjadi stalker (sayangnya Talon tidak punya akun media sosial).
Pesan-pesan teks antara Keeley dan Talon membuat saya tertawa-tawa seperti remaja yang sedang jatuh cinta. Saya menyukai kedua karakter utama cerita ini. Saya bisa merasakan, kenapa mereka bisa merasa begitu terhubung meski belum pernah bertemu, dan hanya saling bertukar pesan teks. Saya menyukai karakter Keeley yang anticengeng. Keeley adalah gadis yang tegas dan sangat tahu apa yang diinginkannya. Dia bukan jenis cewek yang akan berlama-lama bersedih dan galau hanya karena seorang cowok. Sedang Talon, adalah tipe cowok dengan pesona yang sulit ditolak, dilihat dari sisi mana pun: matanya yang menawan, posturnya yang jangkung dan atletis, juga mental-pantang-menyerah-nya di lapangan football—yang diterapkannya juga dalam memenangi hati Keeley. Ah, dan juga, sisi playful-nya yang menyenangkan (semacam receh tapi manis. Tahu, ‘kan?) Ini seperti rumus dasar cerita cinta yang manis: cowok yang sulit didapatkan hanya akan menjadi milik cewek yang sulit didapatkan.
Tidak sabar untuk Barnett?
Apa senyum itu untukku?
Bagaimana kau tahu aku tersenyum?
          Bayangan di kaca. Berbaliklah.
(Pesan-pesan teks Keeley – Talon: halaman 117)

Karakter favorit saya yang lainnya, tentu saja, Zach Brewer: si saudara kembar teladan yang, meskipun bawel dan merepotkan, tapi akan selalu memberi perhatian terbesar untuk saudari kembarnya. Seperti halnya Keeley yang selalu merasa bertanggung jawab atas Zach, Zach juga selalu menempatkan Keeley sebagai hal terpenting dalam hidupnya.
Hal lainnya yang saya sukai dari cerita ini adalah fase pencarian jati diri Keeley. Bagaimana Keeley, yang selalu merasa inferior jika dibandingkan dengan Zach, memutuskan masa depan yang ingin dijalaninya. Tentu sangat menyenangkan, jika kita bisa mengetahui hal apa yang ingin kita pilih untuk hidup kita sejak kita muda. Keeley tahu apa yang disenanginya, dan itu bukan hal yang sama dengan Zach. Meskipun mereka berdua saudara kembar, Keeley tahu, dia memiliki jalan-nya sendiri. saya senang mendapati diri saya merenungi banyak hal dari Keeley tanpa harus disuguhi kutipan-kutipan hebat Keeley tentang hidup.
Saya berharap, cerita ini juga disuguhkan dari sudut pandang Talon. Saya ingin mengenal dia lebih jauh. Mengenal masa lalu Talon mungkin bisa membuat saya bisa memaafkan dia lebih cepat.
Pada akhirnya, Textrovert adalah cerita yang sangat familier dengan keseharian kita. Di mana jaringan pertemanan virtual memungkinkan orang-orang bertemu secara daring, mengobrol, membuka diri, dan akhirnya saling jatuh cinta. Kisah Keeley dan Talon mungkin adalah kisah kalian juga: yang berkenalan di Whatsapp, menemukan chemistry, jatuh cinta, bertemu, semakin jatuh cinta, dan tidak bisa berhenti jatuh cinta. Textrovert juga adalah kisah tentang upaya memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri dan orang-orang yang telah melukai kita.
3.7 dari 5 bintang untuk Textrovert!

Dan, akhirnya, inilah bagian yang paling kalian tunggu. Yah, saya tahu itu. Sudah siap dengan aturan main giveaway-nya? Sila disimak baik-baik, yaa!
1. Klik “suka” di Facebook fanpage Penerbit Spring (wajib), dan follow blog ini via GFC atau email (tidak wajib)
2. Follow akun Twitter @PenerbitSpring dan @amaya0204_ serta Instagram @PenerbitSpring dan @pecandu.dongengLalu share link postingan ini ke linimasa akun media sosial kalian (Facebook atau Twitter). Atau repost/reshare/retweet informasi mengenai giveaway ini via Twitter dan Instagram. 
3. Mention @PenerbitSpring dan @amaya0204_ serta @pecandu.dongeng (jika membagikan via Twitter dan Instagram) atau tag Penerbit Spring (jika membagikan via FB). Sertakan juga hashtag #Textrovert, yaa.
4. Jawab pertanyaan yang saya ajukan di akhir postingan ini, dan simpan jawabanmu dari pertanyaan setiap host (untuk link blog host rangkaian blogtour dapat dilihat pada banner di akhir postingan ini). Karena jawaban dari setiap pertanyaan akan membantu kamu menjawab pertanyaan final giveaway di fanpage Penerbit Spring nantinya.
5.  Di akhir blogtour, akan ada final giveaway di fanpage Penerbit Spring dan jawaban dari setiap pertanyaan yang sudah kalian kumpulkan akan kalian gunakan di sana. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan rangkaian blogtour ini, yaa.
6. Giveaway ini hanya berlaku bagi kalian yang memiliki alamat pengiriman di Indonesia. Jadi, kalau kamu tinggal di luar negeri dan pengin ikutan, pastikan kalian memiliki alamat pengiriman di Indonesia, ya.
7. Pengumuman pemenang akan dilakukan setelah giveaway berakhir di fanpage Penerbit Spring.

Sekarang, ini dia pertanyaan pertama dari saya:

Di manakah ponsel Keeley dan Talon tertukar secara tidak sengaja?
(Saya sudah membuat jawabannya bisa kalian temukan denngan mudah, dengan kode-kode halus ^_^)

 Harap untuk menyimpan baik-baik jawaban pertanyaan dari saya ini, ya. Dan pastikan untuk tidak melewatkan pertanyaan dari blog host blogtour berikutnya. Dan pada akhirnya, semoga keberuntungan berada di pihakmu!


4 comments:

  1. Wuaaaa jadi pengen baca Textrovert ihhh ceritanya lucu kayaknya UwU

    ReplyDelete
  2. Ihhh ceritanya bikin penasaran banget jadi pengen cepat-cepat baca deh😊 siap mengikuti semua rangkaian blogtournya dan semoga bisa menang giveaway nya Amin :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...