Pages

Wednesday, June 20, 2018

Pelajaran Tentang Cinta, oleh Cinta

Judul buku: The Romantics

Penulis: Leah Konen
Halaman: Paperback, 372 halaman
Penerbit: Noura
Tahun terbit: 18 Februari 2018 (diterbitkan pertama kali 1 November 2016)
ISBN: 6023853781 (ISBN13: 9786023853786)
Cinta yang sesungguhnya membuat dirimu menjadi lebih baik daripada yang bisa kau bayangkan. Jadi, bagaimana kau bisa menemukanku? Yah, sebenarnya akulah yang akan menemukanmu [halaman 3—Peraturan Ketiga cinta].

Gael Brennan adalah cowok SMA biasa yang dikhianati oleh Anika, gadis yang  baru diciumnya tapi tidak kunjung menjawab pernyataan cintanya. Ketika Gael pikir, Anika juga merasakan hal yang sama terhadapnya (jika melihat sikapnya terhadap Gael), dia malah mendapati Anika sedang bermesraan dengan Mason, sahabat Gael sejak SMP. Seolah perceraian kedua orang tuanya belum cukup menyakitinya, Gael juga harus kehilangan Anika dan Mason sekaligus. Dia tidak lagi duduk semeja dengan teman-teman nongkrongnya yang biasa (karena di sana ada Anika dan Mason). Dia juga tidak lagi berbicara pada Mason di pelajaran Kimia meski mereka adalah rekan kelompok di lab. Gael melarikan diri sepenuhnya pada film—yang selama ini belum pernah berkhianat padanya.
Kebanyakan orang mengejar orang-orang yang salah. Kebanyakan orang mendapatkan kesempatan kedua, ketiga, keempat, kelima, saat menghadapi masalah sesungguhnya [halaman 141].
Gael melanjutkan hidupnya yang biasa-biasa saja dengan makan siang sendirian di sekolah (tapi bukan di kantin), menginap di apartemen ayahnya tiap akhir pekan bersama Piper (adik perempuannya), dan tetap menolak ikut terapi lari bersama ayahnya atau terapi yoga bersama ibunya. Sampai suatu hari, di malam ulang tahunnya yang ke-18 (yang kacau akibat kehadiran Anika dan Mason), dia bertemu gadis imut yang nyaris menabraknya dengan sepeda. Gael pikir, mungkin, itu sebuah pertanda. Bahwa sudah saatnya untuk jatuh cinta lagi dan melupakan Anika. Tapi cinta pikir, Gael jelas salah besar. Karena itulah ia harus menyadarkan cowok malang itu, kalau itu sebenarnya bukan pertanda seperti yang dia pikir. Melainkan, momen pelampiasan belaka. Sebab, ‘Seseorang yang Tepat’ untuk Gael sebenarnya, sang Pertanda yang dia cari, sudah berada di sekitarnya sejak lama. Hanya saja, tidak pernah terlihat istimewa olehnya. Maka, misi cinta kali ini adalah, membuat Gael menemukannya, menyadarinya, mencintainya, mengejarnya. Dengan segenap triknya, cinta berupaya menyelamatkan Gael sekali lagi, dari kesalahan ke sekian dan kesedihan mendalam ketiga dalam hidupnya. Dan, kisah ini, sepenuhnya diceritakan oleh ‘Cinta yang Legendaris dan Hebat Itu’.
Aku akan memasuki hidupmu pada suatu waktu.Inilah janjiku kepadamu. Tidak peduli kau memiliki mata hijau yang berkilauan atau wajah penuh jerawat. Tidak peduli kau tinggal di apartemen di Paris dengan pemandangan menghadap Sungai Seine atau di pedesaan Indiana dengan pemandangan sekelompok kerbau yang sedang memamah biak. Saat tiba giliranmu, aku akan ada di sana.Dan, aku akan membantumu, jika kau membiarkanku [halaman 4—Peraturan Keempat cinta].
Dalam cerita cinta yang selalu kita gemari, orang-orang yang jatuh cintalah yang bercerita tentang cinta. Berspekulasi dan mengajukan semilyar tafsiran hebat-hebat yang manis dan pahit tentang cinta. Tapi di dalam The Romantics, cintalah yang bercerita tentang orang-orang dan dirinya sendiri. bertutur dengan lincah dan blak-blakan, cinta tampil sebagai narator sok tahu yang lucu dan sangat menghibur. Di sini, dia juga menjadi ahli rekayasa untuk alur cerita Gael Brennan.
The Romantics adalah cerita yang ringan dan akan habis dibaca sekali duduk. Meski di beberapa bagian ada kata-kata yang tidak diterjemahkan dan kalimat yang diterjemahkan dengan kurang tepat, tapi hal itu tidak mengurangi keasyikan menikmati buku ini. Meski konflik utama cerita ini adalah kisah cinta Gael Brennan yang sangat khas remaja, tapi konflik Gael dengan orang tuanya adalah hal yang sama pentingnya bagi. Bagaimana kedua orang tuanya berusaha menjaga keutuhan keluarga mereka meski mereka tidak lagi hidup bersama, adalah hal yang sangat menyentuh. Cinta orang dewasa jelas lebih rumit untuk dijelaskan, dan sulit untuk dipahami anak-anak. Bagaimana orang-orang yang pernah saling mencintai dan sudah hidup bersama selama belasan tahun akhirnya memutuskan untuk berhenti berbagi ruang keluarga dan segalanya, adalah hal yang akan selalu berat bagi mereka yang menjalani, dan juga bagi orang-orang di sekeliling mereka. Sebagai anak korban perceraian, saya sangat tahu bagaimana rasanya menjadi anak yang kebingungan dan terluka parah karena dunia saya mendadak terbelah menjadi dua. Dalam banyak aspek, Gael Brennan membuat saya iri karena dia jelas lebih beruntung. Ketika orang tua saya resmi bercerai, ibu saya meminta saya berhenti menemui ayah saya. See? Saya baik-baik saja, jangan khawatir :)
Kau bisa mencintai seseorang, kau bisa memilih orang yang tepat, kau bisa menyerahkan hidupmu kepada mereka, dan kau masih. Bisa. Terluka [halaman 333].
The Romantics adalah kisah yang reflektif tentang cinta. Sesekali, kau akan berhenti membaca, dan merenungi kalimat-kalimat tertentu, lalu kau mulai berdiskusi dengan sosok lain di dalam dirimu: Masa’ sih, cinta bisa begitu? Tapi yah, sepertinya memang benar. Nanti, kalau saya jatuh cinta dengan mendalam, apa saya akan baik-baik saja? Yah, kurang lebih seperti itu. Meski ini bukan cerita cinta yang luar biasa hebat karena bisa mengubah dunia atau peradaban, tetap saja, pelajaran tentang cinta yang diberikan langsung oleh cinta, akan membekas dalam hatimu. Apalagi kalau kau baru patah hati, dan berharap bisa membalas dendam pada mantanmu atau sedang berupaya keras menyembuhkan diri dengan jatuh cinta lagi.
3,5 dari 5 bintang!

Review ini diikutkan dalam Tantangan Popsugar Reading Challenge 2018
untuk kategori 'buku pemberian'

Klik gambar untuk membaca info tantangan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...