Pages

Thursday, May 10, 2018

Puas Belanja dengan Mekanisme Mudah dan Cepat di Toko Buku Online Mizanstore

Biasanya, saya lebih senang berbelanja buku langsung di toko buku. Selain karena saya bisa langsung mendapatkan buku yang saya inginkan tanpa menunggu lama, saya memang sangat menyukai toko buku. Saya menyukai suasana toko buku yang tenang dan iringan lagu-lagu bertempo lambat yang seringkali diputar di sana. Saya menyukai bertualang dari rak ke rak untuk menemukan buku buruan saya. Tapi seringkali, ada buku-buku yang tidak selalu tersedia. Maka solusi terakhir yang bisa saya pilih adalah berbelanja di toko buku online. Dan karena kota saya cukup jauh dari kota distributor, harga buku di kota saya relatif mahal. Maka pembaca dengan budget terbatas seperti saya
selalu menyukai diskon. Tentu sangat menyenangkan jika ada toko buku online yang menggelar diskon buku. Suatu hari, di akhir tahun 2017, saya membaca info promo diskon buku besar-besaran yang diselenggarakan toko buku online Mizanstore—diskon hingga 70%. Itulah kali pertama saya berbelanja online di Mizanstore
Ada beberapa hal yang selalu saya perhatikan ketika berbelanja secara online. Di antaranya, apakah tokonya lengkap dan terpercaya, bagaimana mekanisme belanjanya, dan bagaimana kualitas pelayanan Customer Service-nya dalam menanggapi keluhan tertentu. Ah, dan tentu saja, seberapa cepat bukunya akan sampai. Setelah dua kali berbelanja di toko buku online Mizanstore, toko ini telah menjadi toko buku daring favorit saya. Saya meringkas cerita belanja saya dalam poin-poin tersebut.
1.       Apakah tokonya lengkap dan terpercaya?
Karena Mizanstore merupakan milik Penerbit Mizan—salah satu penerbit terbesar di Indonesia—maka saya tidak merasa memiliki alasan untuk meragukan toko buku ini. Asiknya, selain buku-buku terbitan Mizan Grup, Mizanstore juga menyediakan buku-buku terbitan penerbit-penerbit lain.

2.       Apakah mekanisme belanjanya mudah?
Saya pernah beberapa kali berbelanja buku secara di toko buku online. Pada dasarnya, mekanisme belanjanya sama saja. Kita masuk ke web, membuat akun, lalu mulai memilih buku, memasukkannya ke dalam keranjang belanja, melakukan payment checkout, melakukan pembayaran via ATM, mengonfirmasi pembayaran ke toko buku via web, lalu menunggu buku kita dikirimkan. Berbelanja di Mizanstore pun memiliki mekanisme belanja yang mirip. Bedanya, di Mizanstore kita bisa masuk ke web sebagai member yang memiliki akun (bisa login dengan akun media sosial), bisa pula sebagai tamu yang tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Menjadi member ataupun tidak, sama sekali tidak berhubungan dengan kualitas pelayanan yang akan diterima pembeli. Saya mengetahui hal ini setelah berbelanja dua kali sebagai member dan tamu J.
Di toko buku online Mizanstore, setelah proses pemesanan buku dan checkout, jika kita melakukan transfer ATM dengan memasukkan kode unik, kita tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual di web. Kita langsung dapat memantau proses pengiriman buku pesanan kita secara real time di web Mizanstore: apakah buku pesanan kita sudah dalam proses pengiriman, sudahkah buku pesanan kita tiba di kota tujuan, dan seterusnya. Dan proses ini sangat cepat sekali. Ini benar-benar pengalaman belanja buku online yang sangat menyenangkan bagi saya.

3.       Apakah pelayanannya terhadap pelanggan baik?
Kualitas pelayanan yang baik biasanya dapat kita lihat dari seberapa mudah kita berbelanja dan berkonsultasi dengan Customer Service, jika sekiranya kita mengalami kendala-kendala dalam berbelanja. Semisal, untuk menanyakan stok buku tertentu, dan sebagainya. Asiknya berbelanja buku di Mizanstore, kita bisa berkomunikasi dengan Customer Service via Whatsapp. Sangat mudah dan menyenangkan, karena responnya ternyata sangat cepat. Tidak seperti toko buku online lain di mana saya pernah berbelanja, yang harus berkomunikasi via email atau harus mengisi form khusus untuk bisa menghubungi Customer Service-nya—yang direspon lebih dari 24 jam. Saat melakukan konfirmasi stok buku di Mizanstore via Whatsapp, saya segera mendapat balasan dan akhirnya bisa melanjutkan proses belanja dengan nyaman hanya dalam hitungan menit.

4.       Seberapa cepat bukunya sampai?
Seberapa cepat buku sampai tentu saja ditentukan oleh ekspedisi pengiriman dan jenis pengiriman yang dipilih. Rata-rata pengiriman dengan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman paket memakan waktu 3-5 hari. Namun, hal ini juga tergantung pada proses pemesanan buku dari toko buku online ke gudang penerbit. Berdasarkan pengalaman belanja kali pertama di Mizanstore, buku pesanan saya tiba dalam waktu kurang dari 5 hari setelah proses transfer. Tapi saat itu, saya pikir, mungkin karena buku-buku pesanan saya semuanya terbitan Mizan Grup. Karena pengalaman belanja kali pertama yang sangat menyenangkan itu, saya memutuskan untuk belanja lagi di Mizanstore.
Di awal tahun ini, saya memesan dua buah buku lagi di Mizanstore sebagai hadiah ulang tahun untuk sahabat jauh saya, yang kebetulan berdomisili di Jakarta. Tapi di kali kedua ini, saya mencoba memesan buku sebagai tamu, bukan member. Sekadar menuntaskan rasa penasaran saya, apakah akan berbeda prosesnya dibandingkan dengan jika saya berbelanja sebagai member (dan ternyata tidak). Saya juga memesan dua buah buku dari penerbit yang bukan bagian dari Mizan Grup. Saat itu, saya pikir, mungkin prosesnya akan sedikit lebih lama dari jika saya memesan buku-buku terbitan Mizan Grup, karena proses pengiriman buku dari gudang penerbit tentu akan memakan waktu. Tapi ternyata buku pesanan saya sampai dua hari setelah proses transfer. Saya sampai terkejut ketika sahabat saya mengirimkan foto buku pesanan saya melalui Whatsapp, tidak menyangka bukunya akan tiba sedemikian cepat. Saya lalu teringat pernah memesan buku di sebuah toko buku online, dan proses permintaan ke gudang penerbit buku tersebut memakan waktu hingga lebih dari sebulan. Maka Mizanstore pun resmi menjadi toko buku online favorit saya. Tidak berlebihan jika saya mengatakan Mizanstore menawarkan pelayanan bintang lima. Dengan senang hati, jika nanti berbelanja buku online lagi, saya akan berbelanja di Mizanstore J


Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang senang berbelanja buku online. Kalau kamu juga ingin merasakan kepuasan belanja buku online, cobalah berbelanja di toko buku online Mizanstore. Prosesnya mudah, cepat, dengan Customer Service yang cepat tanggap, dan tentunya selalu ada diskon dan promo-promo menarik. Tentu saja, saya akan berbelanja lagi. J


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...