Pages

Monday, October 07, 2013

Cerita Belanja #1: Buying Monday #1

So, this is my first Buying Monday post. Selama ini gue ke mana aja, sampe ngelewatin book haul seru ini? *banting laptop*
Uhm ... September ya ...? September ini aku hanya belanja beberapa buku, sih. Ada beberapa pinjeman juga--padahal buku-buku belanjaan belum kelar dibaca, lalu ada juga buntelan dari penerbit, surprise gift dari penerbit, dan hadiah kuis di situs jejaring. Mari, dilihat-lihat .... ^_^

Mulai dari ini aja deh.
 Di suatu siang yang panasnya melelehkan (?), Mama yang baru pulang kantor langsung nyerahin amplop cokelat tebel sambil ngomong, "nih ada paket. Buku lagi kayaknya."
Aku inget-inget lagi, pernah mesen buku di mana, pernah dijanjiin buku ama temen yang mana, atau pernah ikutan kuis apa. Nggak pernah. Nggak pernah. Nggak pernah. Aku baca aja amplop yang dilampirin dalam paketnya. Dari penerbit Mizan. Dulu sih, emang sering ikutan kuis buku di grup Sahabat Qanita. Tapi nggak pernah menangin buku ini. Setelah nge-cek di grup, ternyata aku bukan satu-satunya yang dapet kiriman paket misterius ini. Jadi, aku anggep aja, ini surprise gift :) Penasaran juga ama bukunya. Meski ini buku kedua--dan aku berharap bisa dikirim lagi buku pertamanya dengan kejutan menyenangkan yang sama--tapi nggak pa-pa, deh (sebenarnya bukan "nggak pa-pa" tapi "ya ampun, senangnya"). Selalu pengin nambah literatur Asia buat referensi nulis. Masih penasaran pengin bikin cerita berlatar Korea soalnya :D
Omong-omong, buku ini kalau di Gramedia kotaku, harganya 60-an ribu. Lumayan, ya? Bisa buat 5 buku diskonan ^_^

Ada apa lagi selanjutnya?

Nah, kalau Memento ini (ini bacaan romance Indonesia aku satu-satunya di bulan ini) dapet di Arisan Buku Gagasmedia-Bukune periode Agustus kemaren. Mendarat di Sulawesi Tenggara 6 September lalu. Totalnya ada 6 buku untuk 6 member klub fiksiku. Obrolannya di klub fiksiku bisa dibaca di sini. Dan, review-nya ada di sini.
Waktu maen ke Gramedia kemaren, aku tahu kalo buku ini harganya 50-an ribu. Hmm ....
Trus, ada ini juga, nih.
Andante ini buntelan dari GPU, yang ajaibnya, landing di Kendari barengan ama Memento. Akhirnya kesampaian juga baca fanfic Korea yang cukup kontroversial dan hot yang ramai diobrolin di berbagai situs jejaring itu ^_^ Reviewnya ada di sini.
Kalo yang ini, di Gramedia Kendari harganya 54K. Wah, aku menghemat banyak ya, bulan ini? :D
Berikutnya, ada ini!

 Beberapa waktu lalu aku maen ke kamar kosan Nafilah. Waktu itu mau ngapain, ya? Ah, nganterin Memento, sekalian nge-burn file cerpen buat dikirim ke majalah. Tiba-tiba Nafilah nyodorin aja tuh Aleph ama 2. Mau ngomong kalo buku-bukuku juga lagi ramai di daftar-tunggu-baca, jadi nggak tega. Ya, udah, diterima dengan senang hati. Pertimbangannya, aku lagi butuh 2 untuk referensi nulis cerita tentang bulutangkis, dan Aleph, aku bakal selalu butuh karya-karya Paulo Coelho untuk ngademin rohani :)

Beberapa hari kemudian, paket ini dateng. Ini kiriman Mbak Dyah Rinni (penulis Marginalia & Unfriend You), sebagai hadiah kuis di grup kepenulisan yang beliau asuh. Waktu itu, challenge-nya adalah nge-recycle dongeng apa aja, dengan menceritakannya ulang dari sudut pandang villain-nya. Aku milih dongeng Kancil-Buaya, yang aku ceritain dari sudut pandang buayanya. Kalau mau baca ceritanya, bisa intip di sini ^_^

Next, ada ini!


Di acara ngobrol buku mingguan 22 September kemaren, aku tergoda sama buku yang dibaca Awi ini. Cuma Tango aja sih, sebenernya. 2060 ini aku ambil waktu maen ke rumahnya 29 September kemaren. Awi minjem Andante, dan aku minjem 2060 yang menurut pengakuannya, belum dibaca sama sekali. Aku nggak bisa ngendaliin rasa penasaran sama 2060 mengingat gelombang kontroversi drama plagiasi (Ini apa, May? Mau nyaingin Vicky?) yang santer di situs jejaring.
Well, kalau yang ini ....

Ini dia belanja bulan ini. Cuma segini aja. Lagi pengin dinutrisi sama bacaan klasik dan bacaan family drama. So, pilihannya jatuh di Burning Sea-nya John Shors (35K), The Adventure if Huckleberry Finn-nya Mark Twain (25K), dan The Weird Sisters-nya Eleanor Brown (25K)
Agak kecewa sih, sama penampakan The Huckleberry Finn yang udah nggak bersampul, padahal kata si Mas Seller-nya, masih baru :'( I'm thinkin' of stop ordering books from him from now on -_- I promise! B)
Eh, satu lagi, nih!
29 September pagi kemaren, tanteku yang di pelosok minta dicariin buku bahan ajar di Gramedia. Dengan badan pegel karena profesi baru (tukang ojek pribadi Mama), terpaksa ngebut deh ke gramedia. Padahal penginnya di rumah aja nge-khatamin buku-buku yang belom kelar. Pas lewat depan stan (bukan rak, soalnya bukunya dijejer di atas meja persegi) buku, tiba-tiba ngeliat ini. Jadi keinget Tema Baca Buku Bareng bulan ini. Gak pake mikir, apalagi semadi, langsung nyamber Fahrenheit 451 ini, deh.
Udah, segitu aja. Genap selusin tumpukan yang harus dibereskan ini. Oh, no! Oktober menjelang! Saatnya membuat list belanja baru. Nobody knows how much I love my purse ....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...