Pages

Wednesday, July 03, 2019

Petualangan Mata di Tanah Ganjil

Judul buku: Mata di Tanah Melus
Penulis: Okky Madasari
Halaman: Paperback, 192 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: Januari 2018
ISBN13: 978602031329

Nama Okky Madasari akan identik dengan buku-buku bertema politik, keperempuanan, atau isu-isu kontroversial yang sarat akan ktitik sosial. Sebut saja Entrok dan 86. Jadi, ketika Okky Madasari melahirkan buku-buku anak, saya, mau tidak mau, menantikan dengan penuh harap.

Mata di Tanah Melus adalah buku pertama dalam serial Mata. Merupakan novel anak bernuansa petualangan yang mengajak pembacanya menjelajahi Nusantara dan bertemu hal-hal ganjil, dipenuhi cerita mistis dan legenda lokal.
Matara adalah gadis kecil yang cerdas, kritis, dan kesepian. Layaknya anak dua belas tahun lainnya, Matara mempertanyakan banyak hal. Meski sebagian besar pertanyaan itu hanya berlompatan di dalam benaknya sendiri. Kenapa ibunya tidak membiarkannya membaca cerita-cerita yang ditulisnya? Kenapa ayahnya berhenti bekerja dan ibunya berhenti tertawa? Kenapa ibunya mengajaknya berlibur berdua saja tanpa ayahnya? Di Atambua, Mata dan ibunya terlibat petualangan yang membawanya tersasar ke tanah orang-orang Melus yang sakti dan tak terjangkau dunia luar. Bersama sahabat kecilnya, Atok, Mata melarikan diri dari banjir besar, tersasar ke kerajaan kupu-kupu, bertemu pemimpin para buaya, bertemu Laka Lorak sang ibu kehidupan, dan akhirnya berdamai dengan kenyataan.
Membaca Mata di Tanah Melus membuat saya mengenang masa kecil saya yang penuh harapan dan pertanyaan tentang dunia orang dewasa; penuh rasa ingin tahu tentang hal-hal magis; selalu ingin bertualang tanpa melibatkan orang tua (sebab para Mama selalu khawatir dan tidak percaya kalau putrinya pemberani dan bisa melawan penjahat seorang diri).
3 dari 5 bintang untuk Mata dan petualangannya di tanah ganjil.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...