Pages

Wednesday, July 10, 2019

Petualangan Mata di Tanah Legenda

Penulis: Okky Madasari
Halaman: Paperback, 256 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: November 2018
ISBN13: 9786020619385

Tak hanya Matara yang sedih karena tidak lulus di sekolah favorit di kota mereka. Ibunya pun tak kalah sedih. Maka ketika ayah Matara mendapatkan pekerjaan baru di pulau terluar bagian Timur Indonesia, genap sudah alasan bagi keluarga Matara untuk meninggalkan kota mereka, pindah ke tempat baru yang menjanjikan kehidupan yang lebih baik.

Suatu kali, ketika tengah menikmati pertunjukan tari bersama orang tuanya, Matara dan penduduk Pulau Gapi lainnya dikejutkan oleh insiden kesurupan massal yang menimpa para penari. Tak lama setelahnya, Matara bertemu Molu, si kucing ajaib yang bisa berbicara bahasa manusia. Dari Molu, Matara mendengar kisah lampau kesultanan Pulau Gapi. Bersama Molu dan si laba-laba ajaib, Matara berupaya menyelamatkan peninggalan berharga Pulau Gapi dari kepunahan.
Mata dan Rahasia Pulau Gapi merupakan buku kedua dari seri Mata karya Okky Madasari. Untuk buku kedua ini, ceritanya seru sekali. Meski penyelesaian konfliknya tidak sedahsyat yang saya harapkan (karena ya, ini buku cerita anak-anak yang realistis, bukan animasi produksi Walt Disney), tapi cerita-cerita masa lalu Molu dan Gama ini sangat asyik untuk diikuti. Dan juga mengharukan. Saya terus saja membalik halamannya dan tahu-tahu, ceritanya sudah berakhir saja. Meski petualangannya tidak penuh aksi seperti petualangan Mata di Tanah Melus, tapi saya lebih menyukai kisah Mata di Pulau Gapi.
Seperti halnya Mata di Tanah Melus, buku ini juga memotret kepercayaan kuno masyarakat setempat. Anak-anak selalu menyukai cerita legenda dan mitos-mitos lama (saya belum lupa bagaimana tabiat saya saat kecil). Mata dan Rahasia Pulau Gapi akan menjadi bacaan yang menyenangkan untuk anak-anak.
Tiga dan sepotong (lagi) bintang untuk petualangan Mata di tanah legenda.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...