Saturday, February 13, 2016

I AM HOPE: Kisah Tentang Perawat Harapan & Pemercaya Kekuatan Mimpi

Dari segala macam daya, satu-satunya kekuatan yang mampu mengalahkan kemustahilan adalah harapan. Dan harapan, adalah satu dari sedikit sekali hal yang bisa dimiliki semua orang di dunia. Tidak peduli seberapa malang dan lemahnya mereka. Seorang pengembara yang tersesat dan kehilangan peta. Seorang ibu yang kehilangan anak-anaknya. Seorang kekasih yang ditinggalkan kekasihnya. Seorang pengidap penyakit mematikan. Tapi ketika harapan menyala sepercik saja, ia akan bekerja seperti sihir. Ayunkan tongkatnya, dalam lambaian tangan di udara, dan saksikanlah keajaiban!
Kapan terakhir kali Anda menonton film yang mengajarkan untuk menumbuhkan dan memelihara harapan? Saya sendiri tidak ingat, kapan terakhir kali saya menonton film semacam itu. Tapi ketika seseorang menyebutkan film semacam itu, saya yakin, saya tidak akan melewatkannya. Kita bisa mengalami kejatuhan kapan saja, kita merasakan kesulitan hampir setiap saat. Dari level terendah yang nyaris tidak berarti apa-apa, hingga level tertinggi yang melumpuhkan. Betapa melegakannya jika kita bisa mendapatkan hiburan yang menginspirasi kita untuk tumbuh menjadi kuat. Tumbuh menjadi pemelihara harapan. Perawat Harapan.
Kita baru saja memperingati Hari Kanker Internasional, yang jatuh tepat 4 Februari silam. Kita masih berada di bulan yang sama, untuk menyimpan kesan peringatan itu di ingatan. Ada banyak event yang bernilai suportif bagi para penyintas dan survivor kanker digelar. Dari yang paling sederhana hingga yang paling meriah. Bakti sosial, kampanye dalam berbagai bentuk: talkshow, kegiatan bersifat hiburan, hingga mini festival. Ranah perfilman tanah air pun tampaknya tidak ingin ketinggalan untuk memberi sumbangan berharga bagi momen ini. Alkimia Production misalnya, yang menunjukkan karyanya dengan merilis sebuah film bertema kanker, I am Hope the Movie. Film ini direncanakan akan tayang premiere secara serentak di seluruh Indonesia pada 18 Februari mendatang. Selain dibintangi oleh aktris muda berbakat, Tatjana Saphira (yang memerankan Mia—tokoh utama dalam I am Hope the Movie) dan aktor tampan penuh kharisma, Fachri Albar, I am Hope the Movie juga dibintangi aktor dan aktris senior dengan kualitas akting yang mumpuni. Sebut saja, Tio Pakusadewo yang berperan sebagai ayah Mia. Ada pula Ray Sahetapy, Ario Wahab, Feby Febiola, dan Fauzi Baadila. Saya yakin, sama seperti halnya saya, Anda juga tidak ingin melewatkan film ini.
I am Hope the Movie berkisah tentang seorang gadis tangguh berkarakter kuat bernama Mia. Mia adalah seorang Pemercaya Mimpi. Berkejaran dengan deadline garis kehidupannya, Mia bertekad mewujudkan proyek pertunjukan teater yang digarapnya. Gadis itu tidak mundur semili pun, bahkan ketika dia harus menjalani proses kemoterapinya. Ah, bahkan dalam teaser yang begitu singkat, saya bisa merasakan kekuatan pesan yang dibawa film ini. Saya yakin, film ini akan menggugah dan menghangatkan hati banyak orang. Baca sinopsis lengkap filmnya di sini 

Saya tidak yakin tentang apa yang akan terjadi dengan Mia pada akhirnya, tapi saya berharap Mia dapat mewujudkan proyek pertunjukannya. Dia layak menyaksikan harapan yang sudah dirawatnya dengan tekun dan gigih. Dengan tak tergoyahkan. Saya berharap proyek pertunjukan teater Mia akan sukses ditampilkan. Meski pada akhirnya, itu menjadi hal terakhir yang dilihat Mia dari dunia. Itu mungkin tampak seperti akhir yang sedih dan tragis. Tapi sebenarnya, itu juga akhir yang bahagia. Hal terakhir yang kau lihat dari dunia ini adalah hal yang paling kau cintai, hal yang sudah kau harapkan untuk terjadi. Tidakkah itu indah? Itu akan menjadi akhir yang membuat saya dan semua orang yang menyaksikan I am Hope the Movie merasa teryakinkan, bahwa menjadi perawat harapan dan pemercaya mimpi, adalah hal yang tidak pernah sia-sia. Seberapa sulit ia, seberapa buruk pun kemungkinan yang menunggu kita, menumbuhkan harapan tidak pernah membuat kita rugi. Semaikanlah harapanmu, rawatlah ia, percayailah kekuatannya, dan kau akan melihat mimpimu mewujud nyata. Dan meski setelah dengan segenap upaya, ia tidak pernah terwujud, kita tetaplah pemenang bagi diri kita sendiri.
Anda mungkin ingin mendengar lebih lengkap lagu bermelodi lembut, berirama riang dan menularkan semangat dan harapan, yang melatari teaser I am Hope the Movie di atas. Anda bisa mendengarnya pada video tautan di bawah ini:
Soundtrack I am Hope the Movie


I am Hope the Movie sendiri terinspirasi dari gerakan Gelang Harapan, yakni sebuah gerakan kepedulian terhadap penyintas kanker. I am Hope the Movie adalah sebuah upaya dedikatif-empatik untuk memperluas gerakan kepedulian terhadap pengidap kanker ini agar lebih masif. Selain menunjukkan karya yang memuat pesan yang sangat positif dan inspiratif, I am Hope the Movie juga menggandeng partner in spreading hope dengan misi yang sejalan, seperti Uplek.com misalnya, yang memang memiliki cita-cita menjadi media penyebaran konten postif yang menyebarkan optimisme dan harapan. Sekarang, giliran masyarakat Indonesia menjadi bagian dalam gerakan solidaritas yang baik ini. 

PRE SALE @IAmHopeTheMovie yang akan tayang di bioskop mulai 18 februari 2016. Dapatkan @GelangHarapan special edition #IAmHope hanya dengan membeli pre sale ini seharga Rp.150.000,- (untuk 1 gelang & 1 tiket menonton) di http://bit.ly/iamhoperk dari #BraceletOfHope 100% & sebagian dari profit film akan disumbangkan untuk yayasan & penderita kanker sekaligus membantu kami membangun rumah singgah.
Follow Twitter @Gelangharapan dan @Iamhopethemovie
Follow Instagram @Gelangharapan dan @iamhopethemovie
Follow Twitter @infouplek dan Instagram @Uplekpedia
#GelangHarapan #IamHOPETheMovie #BraceletofHOPE #WarriorOfHOPE #OneMillionHOPE #SpreadHope



1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...