Pages

Wednesday, August 15, 2012

Perahu Kertas

Book Title:Perahu Kertas
Author: Dee
Publisher: Bentang

Aku berterima kasih pada Dee karena memenuhi ekspektasiku tentang karakter Kugy dan Keenan yang aku baca di blurb Perahu Kertas. Kugy yang 'ajaib' bertemu dengan Keenan yang memiliki kecerdesan kinestesis yang mengagumkan. Jalinan romansa yang tidak biasa terjalin di antara keduanya. Tidak biasa yang aku maksud adalah cara Kugy dan Keenan saling mencintai. Bukan cara mereka memendam perasaan dan membuat semuanya tampak rumit.
Aku menyukai bagaimana Kugy digambarkan sebagai karakter yang begitu tak biasa. Yeah, tidak ada kata lain yang bisa menggantikan 'ajaib'. Caranya mengomentari sesuatu, dialog-dialognya yang cerdas, Dee berhasil menampilkan sudut pandang tokoh yang keren, buat aku. Selain Kugy, aku juga menyukai Poyan dan Luhde. Poyan yang kaya pengalaman, bijak, dan donatur kutipan-kutipan cantik di Perahu Kertas selain Luhde, sangat menarik. Minor role yang berperan penting menjaga keseimbangan cerita. Aku menyukai Luhde yang cantik, penyabar, cerdas, dan puitis. And that's all. Selain diksi-diksi mengejutkan dan kutipan-kutipan indah di beberapa poin, Perahu Kertas tidak terkesan begitu istimewa. Meski dialog-dialog sehari-hari yang dominan itu mengesankan situasi riil kehidupan sehari-hari, itu sama sekali tidak membantu aku terlepas dari fanatisme dialog khas Kugy. Dan untuk ending yang gagal kutebak (sad ending jelas akan menambah pelajaran penting tentang hidup), aku tidak jadi menambahkan satu bintang lagi. Well ... ini ... jadi sedikit mengecewakan. Anyway, ini tetap bacaan berbobot untuk penyuka cerita ringan kaya gizi ;)
3/5  stars!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...