Tuesday, October 19, 2010

Totto Chan (Gadis Cilik di Jendela)

Judul buku: Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela
Jumlah halaman: 272
Tahun terbit: April 2008 
Penerbit: PT Gramedia (first published October 1st 1982)  
 
Totto Chan senang bercerita. Ia ingin menjadi apapun yang dilihatnya. Penjual karcis kereta, ballerina, apapun yang menurutnya hebat. Tapi Totto Chan mengacaukan kelasnya. Begitu menurut gurunya. Totto Chan lebih tertarik  berdiri di jendela, menanti rombongan pemusik lewat dan memainkan berbagai macam alat musik.
     Totto Chan punya banyak cerita. Tapi tak ada seorangpun yang bisa mendengarkannya sebaik yang dilakukan pemimpin sekolah gerbong kereta.
Mama membawa Totto Chan ke sana, ke sekolah gerbong kereta "Tomo Gakuen",  tanpa menceritakan apa yang terjadi. Bahwa ia dikeluarkan dari sekolah. Totto Chan kecil yang periang dan suka melamun dikeluarkan dari sekolah.

Totto Chan menyukai Tomoe Gakuen seperti ia menyukai Pak Kepala Sekolah yang hangat. Dan Tomoe Gakuen seolah sengaja diciptaan untuk anak-anak seperti Totto Chan.
Itu sekolah yang hebat.

Mereka--- anak-anak itu, melakukan apapun yang ingin mereka lakukan. Mengacak jadwal pelajaran sesuai keinginan, memilih menu makan siangnya sendiri, lalu menemukan karakternya sendiri. Tomoe Gakuen telah membuat Totto Chan bermetamorfosis menjadi seorang Tetsuko Kuroyanagi.    Buku yang terbit pertama kali tahun 1981 dan langsung best seller ini, adalah novel segala umur terbaik yang pernah kubaca. Gaya bertutur yang sederhana dan memikat, sangat apa adanya, membuat novel ini sangat enak dibaca. Dan setiap halaman menyajikan letup-letup kejutan yang membuat mata membelalak. Kejutan-kejutan yang hanya ada di Tomoe Gakuen. Anak-anak itu mengalami banyak hal "untuk pertama kali" di sekolah gerbong kereta yang ajaib itu.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...