Tuesday, January 01, 2013

Romeo & Juliet Modern Dalam Labirin Sejarah

Book title : Juliet
Page        : 716 pages
Author     : Anne Fortier
Translator: Linda Boentaram
Editor      : Prisca Primasari
Publisher : Qanita

Julie Jacobs--yang menyangka dirinya adalah seorang Tolomei, dari garis keturunan Gianozza Tolomei, saudara kembar Giuletta Tolomei--dan Alessandro Bottini--yang sebenarnya Romeo Marescotti--adalah versi terkini dari Juliet dan Romeo yang dahulu tidak bersatu. Selama berabad-abad sejak kematian Giuletta Tolomei yang membuat kisah cintanya dengan Romeo Marescotti berakhir tragis--dan diabadikan oleh Shakespeare, hanya Julie-lah, satu-satunya Tolomei--sebelum ia mengetahui bahwa dirinya adalah seorang Salimbeni--yang berjodoh dengan seorang Marescotti.
Ia yang sejak awal sudah begitu mencintai Romeo dan Juliet versi Shakespeare, bertekad untuk menemukan pesan--sekaligus warisan satu-satunya--milik ibunya yang ia inginkan dimiliki kedua puteri kembarnya: dirinya dan Janice. Maka di sanalah ia, di Italia yang asing. Bukan lagi sebagai demonstran--seperti saat ia mengunjungi negeri antik itu untuk pertama kalinya--melainkan sebagai Giuletta Tolomei yang peduli pada silsilah keluarga dan leluhurnya--yang ia yakini sangat berhubungan erat dengan kematian kedua orang tuanya, berhadapan dengan Salimbeni--musuh leluhurnya, teka-teki tentang Mata Biru Giuletta, yang mengantarkannya pada kebenaran muasalnya.
JULIET adalah sebuah fiksi romansa bernilai sejarah tinggi. Jelas terlihat, Anne Fortier menghabiskan banyak waktunya untuk mempelajari Siena dan sejarah tiga keluarga terpandang di masanya: Marescotti, Tolomei, dan Salimbeni.
Saya mengagumi kecerdasan Anne Fortier dalam menciptakan Julie yang cerdas, memiliki selera humor yang baik, dan berprinsip kuat. Juga bagaimana ia bermain-main dengan alur, plot, dan twist-twist yang mengejutkan. Kelincahan bercerita dan ide brilian Anne Fortier membuat saya menyadari, cerita yang luar biasa bukan semata-mata dibangun dari padu-padan diksi akrobatis, melainkan crafting technique yang melibatkan kecerdasan, daya imajinasi, dan bakat estetis.
5/5 stars!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...