Thursday, December 13, 2012

Ribuan Mentari yang Indah

Book title : A Thousand Splendid Suns
Page        : 516 pages
Author     :  Khaled Hosseini
Translator: Berliani M. Nugrahsni
Editor      : Andhy Romdani
Publisher  : Qanita

Seperti biasa, Khaled Hosseini selalu memukau, tak terduga, bercerita dengan deskripsi filmis dan narasi hitam-putih, no judge. Pembaca adalah sang Tuan yang sangat dihormati penulis. Diposisikan sebagai pihak paling cerdas untuk memahami cerita, untuk kelak menceritakannya kembali dengan cara yang sama baiknya, untuk menyimpannya dalam "Kotak Kesan" berharga, dan berjanji untuk tidak melupakan ceritanya dengan mudah.
Saya begitu terpukau dengan sudut pandang dua perempuan yang akhirnya bertemu dalam perbedaan sebelum akhirnya melebur jadi satu. Harami dan gadis terpelajar. Konvensional dan moderat. Pasrah dan tak kenal menyerah. Pemurung dan Periang. Mati dalam pengorbanan dan hidup untuk berkorban lebih banyak. Mariam dan Laila. Menyatu dalam malam-malam mencekam penuh harap, acara minum teh yang bisu, perdamaian tanpa jabat tangan, empati karena persamaan nasib, kasih sayang tanpa banyak kata, tawa lega karena berada di kubu yang sama, pemberontakan di ambang batas kesabaran.
A Thousand Splendid Sun, sangat humanis, jujur, menampilkan ironi berbalut humor secara cerdas, menceritakan tragedi nyata dalam kisah fiktif tanpa mengacungkan telunjuk untuk menuduh seseorang sebagai antagonis.
5/5 stars!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...