Pages

Wednesday, January 14, 2015

2015 New Author Reading Challenge


Saya tidak perlu berpikir lebih panjang untuk memutuskan mengikuti tantangan baca ini di kali kedua, tahun ini. Tahun lalu rasanya seru sekali! ^_^ Setelah melirik timbunan buku-buku saya, saya merasa yakin harus dan perlu menjajal tantangan baca ini lagi. Saya, setidaknya, masih memiliki setidaknya empat puluh sekian buah buku (dalam timbunan saya) dari penulis yang karyanya belum pernah saya baca. Dan aturan tantangan ini pun, meski lebih kompleks dari tahun sebelumnya, tapi sebenarnya cukup sederhana—semua orang suka hal sederhana ;)
Jadi, inilah kesiapan saya mengikuti 2015 New Author Reading Challenge yang akan berlangsung sepanjang tahun ini:
1.       Saya akan membaca sekitar empat puluh sekian buah buku fiksi dan non-fiksi di lemari saya. Ya, saya masih memiliki beberapa buku non-fiksi yang saya pendam dalam-dalam, selama ini. Sesekali, rasa penasaran saya terbit, ingin mengetahui isinya. Sebelum menjadi pembaca fiksi, saya adalah pembaca non-fiksi yang agak fanatik, sebenarnya J Beberapa dari buku fiksi yang akan saya baca adalah kumpulan cerita pendek, yang jumlah halamannya tidak kurang dari 150 halaman (ini aturan yang saya kutip dari aturan resmi 2015 NARC), dan beberapa adalah ebook.
2.       Buku-buku ini masih sangat baru bagi saya, dan saya baru pertama kali ini membaca buku karya mereka. Beberapa di antaranya adalah buku klasik. Tapi tetap saja, mereka adalah karya yang begitu baru bagi saya.
3.       Sebagian besar dari buku-buku yang saya baca adalah terjemahan. Saya sudah pernah berjanji, untuk mulai menggemari karya-karya dalam negeri. Tapi sejujurnya, saya pembaca pemula. Jadi, wajar saja kalau saya masih mencari-cari taste dengan seenaknya J
4.       Buku-buku yang saya baca ulang di tahun ini, sudah pasti tidak akan saya masukkan dalam daftar bacaan NARC 2015 ini.
5.       Saya akan membaca beberapa serial, saya kira. Dan saya hanya akan memasukkan buku pertama dari serial itu dalam daftar bacaan NARC 2015 saya—begitu kata aturannya.
6.       Seluruh buku bacaan saya untuk tantangan ini akan saya gabung dengan tantangan baca lainnya yang saya ikuti. Menurut aturan, ini sah. Syukurlah …. J
7.       Dalam program ini, saya menantang diri saya untuk menyelesaikan level Hard, yakni membaca buku dalam kisaran 30 hingga 50 buah buku. Saya akan optimis saja, bisa melampaui target. Kalaupun tidak, tidak ada ruginya juga, kan?
8.       Saya juga akan mengambil kategori tambahan khusus dalam tantangan ini. Saya menantang diri saya untuk mengambil hampir keseluruhan kategori khusus ini. Saya hanya melepaskan kategori Genre 101, karena ada beberapa genre yang tidak sesuai dengan item dalam timbunan yang ingin saya reduksi. Berikut kategori yang akan saya jajal:
a.       What's in a Name: buku karya pengarang baru dengan nama tokoh di judulnya. Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.
Untuk kategori ini, saya sudah merencanakan 6 buah judul:
-          Uncle Tom’s Cabin karya Harriet Becker Stowe
-          Eleanor & Park karya Rainbow Rowell
-          Jane Eyre karya Charlotte Bronte
-          Maria karya Vladimir Nabokov
-          Olive Twist karya Charles Dickens
-          Romeo & Juliet karya William Shakespeare

b.      Girl Power! : buku karya pengarang baru dengan karakter utama wanita yang kuat, mandiri, cerdas.
Untuk kategori ini, saya rencananya akan membaca:
-          Breakfast At Tiffany’s karya Truman Capote
-          Gadis Korek Api karya HC. Andersen
-          Gone Girl karya Gillian Flynn
-          Snow Flower and The Secret Fan karya Lisa See
-          Suite Francaise karya Irene Namirovsky
-          Wizard of Oz karya L. Frank Baum

c.       Ebook Lover: Untuk kamu yang pecinta ebook, baca minimal 6 (enam) judul buku karya pengarang baru dengan format ebook dalam setahun.
Untuk ebook, saya ingin membaca buku-buku ini:
-          Negara Kelima karya Es Ito
-          Senja di Himalaya karya Kiran Desai
-          To Kill A Mockingbird karya Harper Lee
(Tiga buku lainnya untuk kategori ini akan saya tambahkan kemudian)

d.      Series Addict: Yang ingin mencoba seri buku baru. Baca minimal 6 (enam) judul buku yang merupakan buku pertama dari seri karya pengarang baru dalam setahun.
Untuk kategori ini, saya akan membaca:
-          Angel & Demons karya Dan Brown (serial Langdon)
-          Evermore karya Alyson Noel (serial Immortals)
-          Harry Potter & The Chamber of Secret karya JK. Rowling (serial Harry Potter)
(Tiga buku serial lainnya untuk kategori ini akan saya tambahkan kemudian)

e.      Support Local Author: baca buku karya pengarang baru dari negara kita tercinta, Indonesia! :D Baca minimal 6 (enam) judul buku dalam setahun.
Untuk kategori ini, saya berencana akan membaca:
-          Naga Kuning karya Yusiana Basuki
-          Semusim dan Semusim Lagi karya Andina Dwifatma
-          Tanah Tabu karya Anindita S. Thayf
(Tiga buku lainnya untuk kategori ini akan saya tambahkan kemudian)

Secara keseluruhan, berikut ini adalah gambaran buku-buku yang akan saya baca. Beberapa di antaranya tidak tercantum dalam kategori khusus manapun. Dan daftar ini sifatnya bisa berubah sewaktu-waktu. Waktu lah, saya kira, yang akan membuktikannya, nanti ^_^

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...